-->

Wednesday, August 10, 2016

TERBESAR DI DUNIA, 5 JUTA RAKYAT TURKI ANTI KUDETA PENUHI LAPANGAN YENIKAPI

pro demokrasi Turki
5 juta demonstran tumpah ruah mendukung Erdogan
PORTALBANDUNG.COM, ISTANBUL. Sekitar lima juta orang menghadiri Rapat umum Pro Demokrasi di Istanbul pada hari Minggu, menurut Departemen Kepolisian Istanbul.

Rapat besar ini diyakini menjadi yang terbesar dari rapat umum politik mana pun di dunia, Anadolu Agency melaporkan (7/8).
Erdogan dan pimpinan Partai Oposisi
Erdogan dan para pimpinan Partai oposisi (Anadolu)
Jutaan orang telah berbondong-bondong ke Yenikapi dari semua distrik Istanbul. Pemerintah kota Istanbul menyediakan lima juta botol air dan satu juta paket makanan gratis untuk para peserta. Pemerintah kota telah menyediakan jasa 7.000 bus; 203 kapal dan 10 kapal feri yang juga tersedia untuk para peserta.
peserta unjuk rasa Turki
para peserta unjuk rasa (Anadolu)
 Ada langkah-langkah keamanan yang ketat di lokasi selama reli kampanye pro demokrasi; sekitar 25.000 personil polisi telah dikerahkan, sementara 728 tenaga kesehatan juga disiagakan di alun-alun. Helikopter juga berada di atas lapangan dan perahu keamanan tetap waspada; 22 mesin X-Ray dan 165 gerbang dengan detektor logam berada di tempat untuk pemeriksaan keamanan.

Selain pasukan keamanan 2.500 penjaga kota dan 900 petugas kebersihan serta 500 asisten yang bertugas selama reli.

Lebih dari 100 ambulan disiagakan; satu ambulans laut dan 20 truk pemadam kebakaran juga telah disediakan. Sementara itu, 50 bus yang digunakan untuk mengangkut orang-orang cacat.
peserta unjuk rasa wanita Turki
salah satu peserta wanita Turki (Anadolu)
Erdogan menajdi pembicara terakhir di hadapan jutaan massa. Dalam pidatonya Erdogan menegaskan bahwa setelah peristiwa kudeta 15 Juli kemarin, Turki bertekad untuk mendidik generasi baru yang mampu membedakan siapa kawan dan siapa lawan.
Ini adalah pertama kalinya para pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Partai, Partai Republik Rakyat Partai (CHP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) telah berbagi platform anti kudeta bersama.

Kepala Staf Umum Jenderal Hulusi Akar dan ulama top Turki Mehmet Gormez juga hadir.
rombongan peserta unjuk rasa
rombongan peserta unjuk rasa (Anadolu)
Acara rapat besar di Yenikapi adalah puncak unjuk rasa pro demokrasi yang diadakan di kota-kota di seluruh negara itu sejak kudeta dikalahkan, yang menyebabkan 240 orang tewas dan melukai hampir 2.200 orang.
Perdana Menteri Binali Yildirim, yang juga ketua Partai AK, telah bergabung dengan Ketua CHP Kemal Kilicdaroglu dan pemimpin MHP Devlet Bahceli bersama mengkamanyekan “Demokrasi dan Martyrs ‘Rally” untuk memprotes 15 Juli upaya kudeta di negara yang meninggalkan 240 orang martir dan 2.200 lainnya terluka.

Para pemimpin partai politik akan membahas jutaan orang menghadiri rapat umum, yang telah disebut oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istanbul Yenikapi square.

Pemerintah Turki telah berulang kali mengatakan kudeta itu dilakukan oleh pengikut Fetullah Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di negara bagian AS dari Pennsylvania sejak tahun 1999.

Sumber: Duniatimteng.com

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment