-->

Wednesday, August 10, 2016

LAUT MATI, INI 10 FAKTA AJAIBNYA

Laut Mati Dead Sea
Mengambang di Laut Mati
PORTALBANDUNG.COM. Laut Mati (dead sea) juga dikenal sebagai laut garam. Lokasinya berbatasan dengan negara Jordan ke arah timur dan Palestina ke arah barat.

Laut Mati merupakan danau hypersaline yang merupakan salah satu tempat yang paling unik di dunia.

Laut Mati telah menarik banyak pengunjung dari seluruh wilayah Mediterania selama ribuan tahun. Menurut Alkitab, Laut Mati merupakan tempat perlindungan bagi Raja Daud. Laut Mati juga salah satu resort kesehatan pertama dalam sejarah Herodes Agung.

Garam dan mineral dari laut digunakan untuk kosmetik dan ramuan herbal.

Berikut adalah beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang Laut Mati:

1. Mengapung Tanpa Berenang
Tingginya tingkat garam dalam air memungkinkan orang untuk mengapung dengan mudah.
Great Salt Lake di Utah-AS mirip dengan Laut Mati dalam hal ini.

2. Delapan Kali Lebih Asin

Laut Mati mempunyai derajat salinitas 8,6 kali lebih asin dari air laut. Hal ini tidak memungkinkan hewan untuk berkembang karena ekosistem yang terlalu keras. Termasuk ikan dan tanaman air tidak mampu bertahan hidup di dalam air, hanya sejumlah kecil bakteri dan jamur yang ditemukan di Laut Mati.
Kandungan garam yang sangat tinggi
3. Panjang 67 Km
Laut Mati, pada titik terlebar panjangnya 67 kilometer dan lebar 18 kilometer. Anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan dan terletak di Jordan Rift Valley.

4. Jalan Terendah di Dunia
Jalan terendah di dunia yakni jalan raya 90, berada di sepanjang pantai Palestina dari Laut Mati di 1289 kaki di bawah permukaan laut.
Pesisir Laut Mati

5. Titik Terendah di Bumi

Ketinggian Pantai dan permukaan Laut Mati adalah 1.388 kaki atau 423 meter di bawah permukaan laut, sehingga Laut Mati menjadi elevasi terendah di bumi.

6.Danau Garam Terendah di Dunia
Laut Mati adalah 1.237 kaki dalam, menjadikannya danau hypersaline terdalam di dunia. Sebuah danau hypersaline merupakan daratan air yang memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dari klorida, sodium dan mineral lainnya. Tingkat salinitasnya melampaui kadar garam air laut.
Pemandangan Laut Mati
7. Air Paling Asin di Bumi
Salinitas Laut Mati adalah pada 33,7%, ini telah membuatnya menjadi salah satu situs air paling asin di bumi. Meski danau assal dan beberapa danau di McMurdo-lembah kering Antartika telah dilaporkan punya tingkat salinitas yang lebih tinggi.

Air paling asin di bumi
8.Sumber Perawatan Kesehatan

Laut Mati telah menjadi salah satu pusat terkemuka untuk perawatan kesehatan dan penelitian. Hal ini disebabkan beberapa alasan; kandungan rendah alergen, mengurangi radiasi UV
dan kandungan mineral yang ajaib.
Laut Mati
9. Sumber Bahan Mumifikasi di Mesir
Laut Mati telah menjadi salah satu pemasok terbesar dari berbagai macam produk; ini termasuk balsem untuk mumifikasi Mesir dan kalium untuk digunakan dalam pupuk
Mengambang di Laut Mati
10. Aspal untuk Mumifikasi dan Patung
Pembuangan aspal dari rembesan dari Laut Mati yang mengarah ke aspal diekspor ke Mesir untuk tujuan mumifikasi. Aspal juga digunakan untuk melapisi patung-patung.

Sumber: Life in Saudi Arabia

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment