-->

Sunday, August 14, 2016

GOOGLE AKUI HILANGKAN PALESTINA DI AFLIKASI MAPS

Google Maps tanpa Palestina
GOOGLE Maps tanpa Negara Palestina
PORTALBANDUNG.COM -- Baru baru ini netizen dihebohkan dengan hilangnya negara Palestina di Google Maps. Kondisi tersebut akhirnya memunculkan petisi petisi tersebut tertuang dalam situs Change.org. Munculnya petisi ini dimulai ketika beberapa jurnalis dan pegiat Internet Timur Tengah menemukan fakta Google menghilangkan Palestina dari peta online. Wilayah-wilayah itu justru dimasukkan dalam naungan Israel.

Juru bicara Google akhirnya merespon petisi tersebut setelah pemberitaan meluas. Raksasa TI Amerika Serikat itu mengklaim memang belum mengakui keberadaan negara Palestina, Al Arabiya melaporkan(10/8).

“Memang belum ada label Palestina dalam Google Maps, kendati demikian kami menemukan adanya bug dalam sistem yang menghapus label ‘Tepi Barat’ dan ‘Jalur Gaza’. Kami secepatnya akan menaruh label tersebut ke dalam map,” kata jubir Google.

Sebelumnya, ada garis batas merah membedakan wilayah Israel dengan Tepi Barat ataupun Jalur Gaza. Belakangan garis titik-titik merah itu hilang.

Google menyatakan adanya gangguan soal peta wilayah ini sangat mungkin terjadi, karena akurasi Maps ditentukan pula oleh sumbangan data dari netizen di lokasi masing-masing.

“Data yang ada pada kami meliputi informasi seperti nama tempat, perbatasan, dan peta jalan berasal dari kombinasi dari pihak penyokong ke tiga dan sumber publik. Hal tersebut membantu kami menyediakan tampilan map yang komprehensif. Hal itu juga mengartikan bahwa data yang kami miliki akan sangat mungkin bervariasi,” kata Google.

Sementara Forum Jurnalis Palestina telah menuding Google secara sengaja menghilangkan Palestina di peta internet sejak 25 Juli. Mereka mengecam sikap Google yang dinilai menjadi antek Israel. Google sebetulnya telah resmi mengakui Palestina sebagai negara. Pada Mei 2013, semua layanan Google tidak lagi menyebut ‘Teritori Palestina’ melainkan cukup ‘Palestina’ saja.

Sumber: Duniatimteng.com

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment