-->

Monday, July 4, 2016

SILATURRAHIM ULAMA-UMARO: RIDWAN KAMIL INGIN KOTA BANDUNG SEPERTI MADINAH


[portalbandung.com]. Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil ingin Kota Bandung ini seperti Kota Madinah di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Hal tersebut diungkapkannya saat bersilaturahmi dengan para ulama se-Kota Bandung di Pendopo Wali Kota Bandung, Jumat (01/07/2016). “Mari kita upayakan suasana batin, suasana pembangunan masyarakatnya seperti kekompakannya kaum Anshar dan kaum Muhajirin di Madinah saat zaman Rasul,” tutur pria yang akrab disapa Emil ini.
     Menurutnya, Kota Bandung layak meneladani kota tersebut pada masa itu. Hal yang menjadi sorotan Emil adalah perihal kerukunan antar umat beragama. “Ada Piagam Madinah di mana di sana sampai yang bukan beragama Islam pun diberi tempat untuk beribadah, lakum diinukum waliyadin,” papar Emil.
     Kota Bandung memang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Masing-masing saling menghormati perbedaan satu dengan yang lainnya. Evaluasi bulan ramadan di Kota Bandung oleh Emil dinilai baik. Secara umum, kondisi masyarakat di bulan suci umat Muslim ini kondusif dan masyarakat bisa beribadah dengan nyaman.
     Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, Emil menghimbau agar masyarakat merefleksikan kembali esensi bulan Ramadan. “Bulan ramadan adalah bulan renungan agar kita kembali kepada kesederhanaan,” katanya. Ia tidak menganjurkan masyarakat untuk berperilaku konsumtif dengan berbelanja secara berlebih-lebihan. “Mari kita memperdalam lagi pemahaman tentang esensi bulan yang istimewa ini dengan mulai berperilaku sederhana,” pungkas dia.
     Kegiatan silaturahmi dengan ulama se-Kota Bandung ini dirangkaikan dengan pelantikan pengurus MUI Kota Bandung periode 2016-2021. Pada pelantikan tersebut, Ketua MUI Kota Bandung, K.H. Miftah Farid menghimbau para ulama untuk menyukseskan program Pemerintah Kota Bandung, yakni Magrib Mengaji dan Gerakan Ayo Bayar Zakat.
Sumber: Humas Pemkot Bandung
SaveSave

0 komentar:

Post a Comment