-->

Monday, June 6, 2016

23 TEROBOSAN ENTASKAN KEMISKINAN DI KOTA BANDUNG


PORTAL BANDUNG. PENGENTASAN Kemiskinan menjadi prioritas program Pemkot Bandung di tahun 2016 ini. Sebagai langkah strategi, pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Daniel meluncurkan 23 program unggulan.
Wujud keberpihakan terhadap warga kurang mampu, sekaligus upaya pengentasan kemiskinan, Pemkot Bandung menjadikan program Pengentasan Kemiskinan sebagai salah satu prioritas di tahun 2016 ini. Sebagai langkah strategis, bersama jajaran SKPDnya, Pemkot Bandung menggulirkan 23 program Pengentasan Kemiskinan.
Ridwan Kamil mengungkapkan, ke-23 Program tersebut saat ini, 18 program diantaranya sudah direalisasikan di Tahun 2015, sementara sisanya sebanyak 5 program masih dalam proses. “Berbagai terobosan yang dilakukan Pemkot Bandung sebenarnya semuanya bermuara pada target mewujudkan masyarakat Kota Bandung yang Juara. Namun, untuk lebih fokus dalam penggarapannya Pemkot Bandung tentu saja menyiapkan program-program sesuai dengan skala prioritasnya,” ungkap Emil.
Menurut Emil, dalam bidang pendidikan misalnya, keberpihakan Pemkot Bandung dalam penuntasan kemiskinan yang sudah direalisasikan adalah dengan menyediakan fasilitas sekolah gratis dan bus sekolah gratis. Sementara untuk beasiswa sarjana gratis saat ini masih dalam proses. “Dalam bidang ketahanan pangan, Pemkot Bandung juga sudah menggulirkan beras raskin setiap bulan, subsidi gas 3 kilogram bagi warga miskin, ojek delivery makanan balita untuk warga miskin, dan delivery sembako untuk buruh,” ujarnya.
Keberpihakan Pemkot Bandung sebagai bagian dalam program pengentasan kemiskinan lanjut Emil adalah modal ekonomi kerakyatan. Melalui program ini Pemkot Bandung sudah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 20 ribu pelaku UMKM, program kredit melati, lowongan pekerjaan padat karya yang sudah menyerap 6 ribu lebih tenaga kerja, serta aplikasi simpel dan pencabutan perizinan usaha mikro.
Pengentasan kemiskinan tentu saja tidak hanya sektor pangan, sandang dan pendidikan, karenanya Pemkot Bandung juga menyiapkan papan sebagai kebutuhan dasar masyarakat melalui program hunian bersubdisi. Kaitan program tersebut menurut Emil, Pemkot Bandung juga menggulirkan renovasi rumah tidak layak huni yang sudah menyentuh 1500 an rumah di tahun 2015 ini. “Untuk kalangan guru honorer dan buruh juga diberi jatah apartemen rakyat di ranca cili, serta pembangunan apartemen rakyat di 15 lokasi dengan pola subsidi untuk warga tidak mampu,” tandasnya.
Lebih lanjut Emil menambahkan, program lain dari 23 program yang digulirkan adalah penataan PKL. Untuk penataan PKL lanjutnya, Pemkot Bandung sudah menata PKL di kolong alun-alun Ujung Berung, kolong alun-alun Bandung, di Basement Bandung Indah Plaza (BIP), PKL Purnawarman, serta penataan PKL Sukajadi. Sementara untuk renovasi pasar tradisiol, Pemkot sudah merealisasikan di Pasar Cihapit serta Pasar Sarijadi dalam tahap konstruksi.
“Dalam bidang sosial bersama dengan Bagian Kesra sebagai leading sektor, Pemkot Bandung tengah menyiapkan program Ayo Bayar Zakat berisi ajakan warga muslim membayar zakat untuk membantu warga miskin. Untuk program lainnya adalah Family for Family berupa program keluarga asuh bagi warga tidak mampu dan resepsi pernikahan gratis di Pendopo walikota serta pemberian santunan kematian sebesar Rp2 juta bagi warga miskin,” paparnya.
Dalam bidang kesehatan, Pemkot Bandung juga menyiapkan 4 program berupa pemberian premi asuransi BPJS Gratis, dana UGD untuk Emergency, ambulan gratis, dan Puskesmas 24 jam untuk membantu warga miskin.
23 Program Unggulan Pengentasan Kemiskinan Pemkot Bandung
A. Pendidikan
1.  Sekolah gratis
2. Beasiswa Sarjana
3. Bus sekolah gratis
B. Ketahanan Pangan
1. Beras raskin setiap bulan (Program yang sudah bergulir secara rutin)
2. Pemberian subsidi Gas 3 kg bagi warga miskin
– Nilai Subsidi sebesar Rp5.550/tabung untuk harga pangkalan sebesar Rp16.600/tabung
– Nilai Subsidi sebesar Rp9.750/tabung untuk harga eceran tingkat pengecer sebesar Rp18.000/tabung
– Pola pemberian subsidi 6 bulan hingga 1 tahun dengan realisasi mulai tahun 2016.
3. Ojek delivery (pengantaran) makanan balita untuk warga miskin
4. Delivery Sembako untuk Buruh
Program yang dimotori oleh PD Pasar Bermartabat ini merupakan bantuan penyediaan bahan pokok bagi kalangan pekerja dan buruh dengan harga yang terjangkau, kualitas unggulan, dan sistem delivery. Rencananya akan diluncurkan April 2016 ini.
C. Ekonomi Kerakyatan
1. Pelatihan Wirausaha
– Tahun 2015 telah terealisasi 1.879 orang dari 5.414 WUB yang ada di Kota Bandung.
– Tahun 2016 target Wirausaha Baru sebanyak 8.376.
2. Kredit Melati (Kredit tanpa agunan dan tanpa bunga berbunga) Ket: Sudah mencapai 7000 an warga menengah bawah diberi kredit 500 ribu-30 juta ini.
3. Padat Karya merupakan program lapangan kerja yang sudah menyerap 6000 an tenaga kerja berupa (1500 petugas kebersihan, 1500 petugas gorong2, 1500 petugas keamanan, 1500 petugas pemelihara taman)
4. Peluncuran aplikasi pendaftaran bagi pengusaha dengan menghilangkan perizinan usaha mikro. (Berbisnis tinggal pemberitahuan saja).
D. Hunian Bersubsidi
1. Renovasi Rumah tidak layak huni  (Rutilahu) dengan realisasi hingga 2015 sebanyak 1500 lebih rumah.
2. Apartemen untuk buruh dan guru honorer di Rancacili (2014)
3. Apartemen Rakyat di 15 lokasi dengan pola subsidi untuk warga tidak mampu (Paldam, Nyengseret, Sadang Serang, Derwati, Cingised, Arjuna, Bagusrangin, Kiaracondong, Simpang Dago, Tamansari, Abra, Jatayu Molek, Jamika, Braga, Babakan Surabaya)
E. Tata Ruang Ekonomi
1. Tahun 2015, sebagai aplikasi Perwal Kota Bandung Nomor 571 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai berikut:
Penataan
A. 80 PKL Alun-alun Ujung Berung direlokasikan ke Basement alun-alun
B. 150 PKL Alun-alun Bandung direlokasikan ke Basement alun alun
C. PKL Jl Sukajadi, Sabtu-Minggu diliburkan untuk memudahkan lalu lintas wisatawan
D. 73 PKL di trotoar Purnawarman dan kuliner direlokasikan ke outdoor BEC, 17 pedagang aksesoris masih menunggu tempat relokasi.
E. PKL Kecamatan Astana Anyar hari Jumat diliburkan
F. PKL Pasar Baru setiap hari Senin diliburkan
G. Sosialisasi Perwal PKL melalui Radio
Pembinaan PKL
A. Bimtek Manajemen Organisasi bagi 120 PKL
B. Bimtek Pengembangan Usaha bagi 300 PKL
C. Bimtek Fasilitasi Permodalan bagi 150 PKL
D. Pembinaan PKL ke 10 Kecamatan sebanyak 756 orang
E. Pemberian Kartu Tanda Pengenal bagi 1.000 PKL di 30 kecamatan
F. Pembentukan Forum PKL di 27 kecamatan.
2. Renovasi Pasar Tradisional
Untuk meningkatkan daya saing pasar-pasar tradisional di Kota Bandung, serta mendorong masyarakat    mendapatkan suasana belanja di pasar tradisional yang lebih nyaman dan bersih. Dalam program ini sudah    terealisasi di Pasar Cihapit, dan Pasar Sarijadi dalam proses pemasangan konstruksi.
F. Bidang Sosial
1. Program Ayo Bayar Zakat
Merupakan program mengajak warga muslim untuk giat berzakat membantu warga tidak mampu
2. Program Family for Family
Merupakan program mencari 60 ribu kelurga mapan untuk menjadi keluarga asuh 60 ribu warga tidak mampu
3. Santunan Kematian
Untuk program ini, Bagian Kesra dan Kemasyarakat Kota Bandung tengah membuat Buku Petunjuk Teknis (Juknis) dan menetapkan besar santunan adalah Rp2.000.000,-
3. Resepsi Nikah Gratis
Program ini diluncurkan sebagai upaya mendekatkan dengan masyarakat sekaligus membantu yang ingin menggelar pernikahan di Pendopo Wali Kota, secara gratis.
G. Kesehatan
1. Premi Asuransi BPJS gratis dibayar Pemkot Bandung
2. Dana UGD untuk emergency
3. Ambulance Gratis
4. Puskesmas 24 jam
Merupakan terobosan untuk membantu warga miskin jika sakit di malam hari sehingga tidak harus selalu ke rumah sakit.

Sumber: Diskominfo Kota Bandung

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment