-->

Sunday, October 30, 2016

CARA CERDAS HEMAT BAYAR TAGIHAN LISTRIK

Ilustrasi:listrik
Ilustrasi:listrik
PORTALBANDUNG.COM -- Dalam kehidupan modern ini, hidup kita tidak dapat terlepas dari penggunaan alat-alat elektronik. Penggunaan alat elektronik ini sudah mencakup di hampir seluruh aspek, mulai dari hal-hal umum seperti penggunaan lampu, pompa air, televisi, hingga untuk mengisi ulang daya ponsel pintar yang sering digunakan. Penggunaan alat elektronik ini tentu membutuhkan sumber daya listrik dalam jumlah besar.

Energi listrik dihasilkan dari berbagai sumber, diantaranya adalah air, angin, nuklir, batu bara, maupun minyak. Sumber daya alam seperti batu bara dan minyak mempunyai keterbatasan, sehingga penggunaan listrik secara bijaksana juga perlu diterapkan untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam tersebut. Selain faktor alam, menghemat listrik juga berguna bagi keuangan Anda. Apalagi saat ini pemerintah juga mulai mengurangi subsidi listrik, sehingga tarif yang dikenakan juga makin tinggi.

Penghematan ini sebenarnya juga tidak susah untuk dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghemat penggunaan listrik:

Cabut kabel atau peralatan yang tidak terpakai dari sakelar
Mulailah membiasakan diri untuk mencabut kabel dari perangkat yang tidak terpakai dari sakelar. Meskipun tampaknya alat elektronik tidak bekerja dan tidak kita gunakan, tetapi kabel yang terhubung dengan sakelar tetap dialiri listrik dan membuat aliran tersebut terbuang sia-sia. Hal ini juga menyebabkan bengkaknya tagihan listrik Anda.

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa
Saat ini semakin marak penggunaan sistem pulsa untuk pembayaran tagihan listrik. Layaknya penggunaan kartu prabayar pada telepon seluler, penggunaan sistem pulsa pada listrik juga membantu Anda menghemat penggunaan listrik karena dapat membeli seperlunya. Dengan demikian penggunaan listrik lebih terkontrol. Saat pulsa Anda habis, Anda menyadari penggunaan yang telah tercapai dalam bulan tersebut sehingga bisa lebih perhatian dalam penghematan listrik

Menghemat penggunaan lampu
Penggunaan lampu adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dihemat. Usahakan untuk mematikan lampu yang tidak diperlukan pada siang hari. Manfaatkanlah pencahayaan alami dari matahari untuk menerangi ruangan Anda. Selain itu, biasakanlah untuk mematikan lampu di pagi hari. Cukup banyak orang yang ketika bangun lupa untuk segera mematikan lampu di teras rumah yang digunakan untuk penerangan pada malam hari. Padahal pada pukul 06.00 biasanya cahaya matahari sudah cukup menerangi bagian luar rumah.

Apabila ada ingin membeli lampu baru, Anda juga dapat memilih jenis lampu yang lebih hemat energi seperti lampu LED. Sementara bila Anda masih dalam perencanaan dalam membangun rumah atau kantor, usahakan agar memperhatikan sirkulasi dan penggunaan jendela agar sinar matahari dari luar dapat digunakan untuk membantu penerangan. Selain itu penggunaan sekat-sekat juga dapat dikurangi agar penggunaan lampu dapat lebih efisien.

Menggunakan AC seperlunya
Salah satu peralatan elektronik yang menghabiskan energi listrik cukup besar adalah pendingin ruangan atau AC. Gunakanlah AC yang hemat energi serta matikan bila tidak digunakan. Anda juga dapat menghemat penggunaan dengan mengaktifkan timer ketika hendak tidur sehingga AC dapat mati secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu.

Matikan alat elektronik ketika tidur
Saat Anda tidur, sebaiknya seluruh perangkat elektronik yang tidak digunakan seperti TV atau gadget dimatikan sehingga tidak menghabiskan listrik. Selain berguna untuk menghemat daya listrik, mematikan perangkat elektronik tersebut juga berguna untuk membuat Anda lebih rileks sehingga dapat beristirahat dengan lebih nyaman.

Hindari menyalakan dan mematikan perangkat terlalu sering
Pada saat pertama dinyalakan, biasanya suatu perangkat memakan listrik lebih besar dari kondisi normal. Dengan demikian, hindari untuk menyalakan perangkat elektronik terlalu sering.

Ubah Kebiasaan Boros Listrik
Demikian tips-tips untuk menghemat listrik. Hal ini mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan untuk dapat menghemat listrik. Kebiasaan ini juga semoga dapat menginspirasi lingkungan sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama.

Sumber: ROL

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment