-->

Saturday, October 22, 2016

6 MANFAAT MAKAN TELUR TIAP HARI

telor matasapi
Telur "matasapi" sebagai menu sarapan pagi

PORTALBANDUNG.COM -- Telur adalah makanan yang bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Telur mengandung banyak nutrisi, mineral, dan vitamin. Banyak dokter dan ahli gizi yang menyarankan orang untuk memakan sedikitnya dua telur setiap hari.

"Telur mudah didapatkan dan dimasak. Telur kaya akan protein dan mengandung asam amino esensial. Dua telur dalam sehari bisa membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh," ujar ujar ahli gizi dari Aktiv Ortho Taranjeet Kaur seperti dikutip dari Indian Express.

Ia mengatakan, kuning telur adalah hal penting karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Meski begitu, jika Anda memiliki kandungan kolesterol tinggi, Anda bisa memilih untuk hanya memakan bagian putih telur saja.
Berikut adalah manfaat telur:

Telur kaya akan nutrisi
Telur mengandung banyak protein. Di antaranya yakni vitamin A, B, B5, B12, dan D. Selain itu, telur juga mengandung potasium, zinc, kalsium, dan selenium yang bagus untuk metabolisme tubuh.

Telur memperbanyak kolesterol HDL (baik)
Ada dua tipe kolesterol dalam tubuh kita. Kolesterol baik adalah High Density Lipoprotien (HDL) dan kolesterol buruk Low Density Lipoprotein (LDL). Telur secara alami akan meningkatkan HDL yang bermanfaat menurunkan risiko gagal jantung dan berbagai penyakit jantung lain.

Telur penting untuk perkembangan otak
Telur mengandung kolin yang bisa membantu perkembangan dan fungsi otak. Satu telur mengandung lebih dari 100 miligram kolin. Inilah mengapa anak-anak penting untuk memakan telur terutama ketika sarapan.

Telur mengandung antioksidan
Telur mengandung zat-zat antioksidan yang bagus untuk mata dan mencegah infeksi. Bagian kuning telur dapat menurunkan kemungkinan penyakit yang berkaitan dengan pertambahan usia karena kaya dengan vitamin A. Kekurangan vitamin A adalah sumber utama kebutaan.

Telur membuat kenyang
Mulailah hari dengan memakan telur, maka Anda akan merasa kenyang dalam sarapan. Dengan memakan telur ketika sarapan, Anda mengurangi kemungkinan lapar terus menerus sekaligus mengurangi risiko memakan junk food.

Telur baik untuk kesehatan kuku dan rambut
Semua orang ingin kuku dan rambut yang sehat. Telur menjawab hal itu karena mengandung asam amino yang kaya vitamin dan mineral. Hal itu bisa membantu rambut dan kuku Anda tetap berkilau. Jadi, coba pertimbangkan untuk menyertakan telur dalam makanan sehari-hari.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/10/20/ofbi1c328-6-manfaat-makan-telur-setiap-hari

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment