-->

Saturday, August 13, 2016

ODED M.DANIAL MEMBUKA WORKSHOP PUSAT INKUBASI BISNIS SYARIAH 2016

Oded M.Danial
Wakil Walikota Bandung, H.Oded M.Danial
PORTALBANDUNG.COM, BANDUNG. Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial membuka Workshop PINBAS (Pusat Inkubasi Bisnis Syariah) dan Liga Halal Pencanangan Tahun 2016-2017 Sebagai Tahun Kebangkitan Produksi Halal Indonesia, di Hotel Mutiara, Jalan Kebon Kawung No.60 Bandung, Jumat (12/8/2016).

Oded menjelaskan dalam sambutannya, untuk mengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui Inkubasi Bisnis, “Peranan Inkubasi Bisnis menjadi strategis karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, menumbuhkan wirausaha baru, dan dapat menjadi wadah dalam mengimplementasikan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh berbagai pihak,” jelasnya

Ditambahkan Oded, dalam acara workshop ini Inkubator Bisnis dapat mengelola secara profesional dan mendapat dukungan dari Pemerintah dan pihak terkait lainnya, terbukti mampu menciptakan lapangan kerja, “Jika inkubasi bisnis ini terus berkembang, maka dapat dikatakan usaha kecil menengah khususnya syariah berhasil menjalankan dengan baik,” ujar oded.

Menurutnya, dengan media workshop ini mampu memberikan suatu paradigma baru bagi pemberdayaan ekonomi umat yang efektif dan tepat sasaran, “Hasilnya pun bisa memberikan upaya yang kongkrit membumikan produk halal,” ujarnya. Oded berharap, dengan dilaksanakannya Workshop dan Liga Halal ini, usaha syariah bisa berkembang dan diminati seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Ketua panitia Workshop PINBAS & Liga Halal Oyo Zakaria menjelaskan dalam laporannya, inkubasi Bisnis telah memberikan nilai tambah terhadap perekonomian melalui percepatan pengembangan usaha baru atau pemula, “Selain itu bisa membantu memaksimalkan pertumbuhannya dimana hal tersebut sulit dicapai tanpa bantuan inkubator,” ujar Oyo.

Ditambahkan olehnya, maksud dari kegiatan Workshop PINBAS dan Liga Halal sebagai media untuk mengatasi problematika wirausaha UMKM, “Oleh karena itu diperlukan kehadiran PINBAS MUI yang bersifat komprehensif, integritas dan isitemati, sekaliguis secara simulat mendorong kontribui positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat,”jelasnya.

Oyo menambahkan, tujuannya meningklatkan efektifitas peran PINBAS MUI dalam menyelenggarakan dan pengembanagan program inkubasi wirausaha UMKM, “Adapula sasaran yang ditetapkan pendirian PINBAS MUI pusat dan 10 PINBAS MUI daerah, diantaranya Medan, Palembang, Banten, DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Mataram, Banjarmasin, Makasar dan Ambon,” jelas Oyo.

Ia berharap dengan terlaksana kegiatan ini mampu berkembang pelaku usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi serta menumbuhkan wirausaha UKMKM yang tangguh dan mandiri dengan mampu meningkatkan produktivitas wirausaha, “Insya Allah terlaksananya kegiatan ini, peserta bisa mengembangkan usahanya setelah diberikan arahan dan materi yang diterapkannya,” pungkas Oyo.

Dalam kesempatan tersebut sebagai saksi, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, menandatangani nota kesepakatan antara Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI dengan 15 Koperasi Syariah Kota Bandung,

Diantaranya, koperasi Al Barokah, Baitul Mutaqin, Baitul Maimur, Hayatul Islam, Al Arif, nurul hikmah, Kosama MUI, Hayatussunah, Khadijah, Al Fitroh, Masjid Raya Cipaganti, Silih Aping, Al Falah, ICMI Jabar, dan DMI.

Acara Workshop dan Legal Halal pun dihadiri oleh ketua MUI Pusat Lukman Hakim, Ketua MUI Kota Bandung Arsyid Ahmad dan Menteri Koperasi dan UMKM RI yang diwakili oleh Asisten Deputi Pembiayaan Syariah Tamin Saefudin.

Sumber: Humas Pemkot Bandung

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment