-->

Monday, July 25, 2016

LUKISAN KARYA PRESIDEN SOEKARNO AKAN DIPAMERKAN DI LUAR ISTANA

Soekarno - Fatmawati Bersepeda Ontel
Foto Presiden Soekarno
PORTALBANDUNG.COM -- JAKARTA -- Lukisan karya Proklamator Kemerdekaan sekaligus presiden pertama RI Sukarno untuk pertama kalinya bakal dipamerkan di luar Istana Kepresidenan. Lukisan bersejarah tersebut akan ditampilkan di Galeri Nasional dalam pameran bertema 17/71 Goresan Juang Kemerdekaan sepanjang Agustus 2016 mendatang.

Kurator pameran Mikke Susanto mengatakan, lukisan berjudul Rini itu dibuat oleh Sukarno pada 1985 di Istana Tampak Siring, Bali.

"Itu satu-satunya lukisan (Sukarno) yang masih baik dan bisa ditampilkan di luar Istana," ujarnya di gedung Sekretaris Negara, Jakarta, Senin (25/7).

Lukisan karya Sukarno itu akan dipamerkan bersama 27 karya lukis lain yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan RI. Menurut Mikke, Istana Kepresidenan memiliki sekitar 3.000 lukisan.

Dari ribuan karya tersebut, kurator melakukan seleksi hingga terpilih 28 lukisan. Mikke membuat standar hanya karya setingkat maestro yang akan dipamerkan.

Kemudian, lukisan juga harus memiliki kondisi yang baik. Karena pameran akan digelar untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, maka kurator melakukan seleksi lukisan dengan tema perjuangan.

Oleh karenanya, karya lukis yang bakal dipamerkan antara lain gambaran perjuangan para pelopor kemerdekaan, yaitu Jenderal Sudirman, Pangeran Diponegoro dan HOS Tjokroaminoto. Mikke melanjutkan, selain tema perjuangan, pameran 17/71 Goresan Juang Kemerdekaan juga akan mengangkat potret gambaran Indonesia di mata pelukis dunia pada periode 1930-1970.

Akan ada satu lukisan bernilai seni tinggi karya pelukis berkebangsaan Meksiko, Diego Rivera, yang juga bakal dipamerkan. Lukisan tersebut berjudul Gadis Melayu dengan Bunga yang dibuat pada 1955.

Mikke mengatakan, Diego adalah pelukis yang namanya tercatat dalam sejarah seni dunia. Pemerintah Meksiko telah menarik semua lukisan-lukisan Diego yang ada di luar negeri. Namun, Indonesia beruntung karena dibolehkan memiliki satu karya Diego. "Lukisan itu didapat Sukarno lewat dekrit Presiden Meksiko," katanya.

Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/07/25/oavhgc408-lukisan-karya-presiden-sukarno-bakal-dipamerkan-di-luar-istana

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment