-->

Saturday, July 9, 2016

DAHSYAT! BRASIL UBAH DAERAH KUMUH JADI RUANG TERBUKA HIJAU

PORTALBANDUNG.COM -- SAO PAULO - Keberadaan ruang terbuka hijau menjadi suatu hal yang langka terutama di kota-kota besar. Namun perusahaan arsitektur asal Brazil Triptyque meluncurkan proyek ambisiusnya berupa taman gantung sepanjang tiga kilometer.

Seperti dikutip dari Inhabitat, bekerjasama dengan arsitek Guil Blanche, rencananya proyek tersebut merupakan revitalisasi sebuah daerah kumuh di bawah jembatan Minhocão. Nantinya taman gantung tersebut mampu menyaring 20 persen dari emisi CO2.

Jembatan tersebut dibangun pada 1971, ketika Sao Paulo mengalami periode pertumbuhan penduduk yang cepat. Namun akibat kebisingan dan polusi yang dihasilkan oleh lalu lintas, jalan raya menjadi kumuh.

Proyek ini akan berfokus pada penciptaan ruang terbuka yang akan menjadi tempat menyenangkan bagi pengunjung, tetapi secara aktif akan mengurangi jumlah emisi karbon di daerah tersebut yang dihasilkan oleh mobil yang lewat di jalan tersebut.

Arsitek berencana untuk membuka sebanyak mungkin daerah tertutup di tempat itu, sehingga mengoptimalkan cahaya matahari yang masuk secara alami. Selain itu sistem pengairan alami akan digunakan untuk tanaman sera sitem dan penguapan air dipakai untuk membersikan permukaan daerah.

Setelah direnovasi, tempat tersebut secara aktif akan digunakan untuk acara komunitas dan program kebudayaan. Secara khusus Minhocão akan memiliki empat blok ruangan yang akan digunakan sebagai pusat kegiatan budaya, makanan, layanan, dan toko.


Semoga menginspirasi Kota Bandung.


Sumber: Okezone.comSaveSave

Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment