-->

Saturday, July 16, 2016

ALLOHU AKBAR! JUTAAN RAKYAT TURKI TURUN KE JALAN GAGALKAN KUDETA MILITER


PORTALBANDUNG.COM -- Jum'at (15/7) malam, sekelompok Militer Turki mendeklarasikan kudeta dan mengatakan telah 'mengambil alih' negara. Mereka juga menutup Jembatan Bosphorus yang menghubungkan daratan Asia dan Eropa serta menutup bandara utama di Istanbul.

Dogan News Agency mengutip pernyataan militer pada Jumat mengatakan, mereka ingin "memasang ulang tatanan konstitusional, demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan, serta untuk memastikan bahwa aturan hukum sekali lagi memerintah di negeri ini, hukum dan ketertiban harus dipulihkan."

Al Jazeera melaporkan, Bandara Internasional Ataturk Istanbul telah ditutup dan semua penerbangan telah dibatalkan.

Presiden Erdogan lantas muncul di publik lewat aplikasi video skype yang disiarakan live CNN Turki. Erdogan mengumumkan telah terjadi kudeta oleh sekelompok militer dari First Army (Angkatan Darat Pertama). Erdogan menyerukan rakyat Turki turun ke jalan-jalan dan taman-taman kota untuk menunjukan dukungannya pada pemerintah Turki dan menolak kudeta.

Masjid-masjid di Turki juga seketika mengumandangkan adzan, padahal bukan waktu sholat, sekitar pukul 01.45 dinihari Sabtu, untuk membangunkan warga dan menyerukan turun ke jalan mendukung pemerintah Erdogan.

Sontak jutaan rakyat Turki turun ke jalan-jalan di seantero negeri. Tua muda, laki perempuan, bahkan anak-anak.. Mereka berkumpul mengibarkan bendera Turki, membawa foto Erdogan, menolak kudeta, menghadang kendaraan-kendaraan militer, tank-tank, sehingga tidak bisa bergerak melakukan operasi kudeta yang lebih luas.

Bandara internasional Ataturk di Istanbul yang ditutup dan dikuasai tentara kudeta juga diserbu rakyat Turki. Mereka lantas mengusir tentara kudeta dari bandara internasional Ataturk.

Rakyat Turki tidak akan membiarkan skenario makar di Mesir (kudeta Presiden Mursi) diulang kepada presiden dan pemerintah mereka.

Sumber: portalpiyungan

Foto-foto:














Menurut Anda --->

0 komentar:

Post a Comment